5 Bahasa Pemrograman Dunia untuk Pengembangan Aplikasi Mobile

Now Reading
5 Bahasa Pemrograman Dunia untuk Pengembangan Aplikasi Mobile

(Image: Courtesy of vfs.edu)

 

Hai guys,

Android, iPhone, Windows Phone…

Platform-platform ini populer dan mendunia, semuanya saling bersaing di kancah internasional untuk membuktikan eksistensinya. Lewat berbagai macam fitur dan keunggulang dari para founder dan tim yang mereka miliki masing-masing. Apa sih sebenarnya pondasi yang membuat platform-platform ini begitu hebat sehingga banyak orang yang berbondong-bondong mencoba untuk terjun ke dalam platform-platform tersebut untuk ikut andil dalam pengembangan aplikasi-aplikasinya.

Berikut list bahasa pemrograman yang bisa kalian pelajari untuk mengembangkan aplikasi mobile

 

1. Java

Sudah tidak diragukan lagi popularitasnya, Android sudah menjadi salah satu platform besar yang dibawa Google dengan berbagai macam fiturnya ditambah Android bersifat Open Source (bebas untuk dikembangkan tanpa harus membayar). Dominasi android sebagai platform besar tak terbendung dengan semaking banyaknya smartphone Android yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Samsung, HTC, Lenovo dan yang lainnya. Google menggunakan java sebagai bahasa utama dalam pemrograman aplikasi-aplikasi Android. Java sendiri sebelumnya sudah populer sebelum adanya Android yang dibawa oleh Sun Microsystem. Namun pada akhirnya sekarang Oracle yang memiliki lisensi sebagai pengelola resmi Java.

Bahasa pemrograman Java cukup mudah untuk dipelajari sehingga tingkat popularitasnya sangat tinggi. Penulis sendiri saat ini seringkali menggunakan java sebagai bahasa pemrograman utama karena mudahnya, banyaknya sumber informasi yang sudah tersedia untuk mengembangkan aplikasi dan kode-kode sumber yang bisa digunakan kembali sehingga pengembangan suatu aplikasi bisa dicapai dengan cepat dan mudah.

 

2. Objective-C

Mungkin bagi sebagian orang Objective-C sudah tidak asing ditelinga para programmer karena bahasa ini digunakan oleh tandingan besar Android. Yup, Objective-C digunakan oleh Apple, perusahaan teknologi yang dibesarkan oleh Steve Jobs. Objective-C menjadi bahasa utama yang digunakan dalam pengembangan berbagai platform Apple diantaranya untuk pengembangan aplikasi iPhone, iPad, iPod dan iMac.

Objective-C sudah menerapkan konsep object oriented pengembangannya sehingga memudahkan developer apple dalam menghasilkan karya-karyanya. Ditambah penulis lihat, aplikasi-aplikasi yang dihasilkan teknologi Apple ini terlihat smooth (tanpa lag), user friendly dan  fancy (menarik). Sehingga sebagian orang ada yang fanatik dengan berbagai kemunculan device2 baru Apple.

 

3. Swift

Swift merupakan bahasa pemrograman terbaru yang dikembangkan oleh Apple. Besar harapan Apple agar Swift menjadi bahasa yang lebih baik sebagai penerus dari Objective-C walaupun Objective-C masih ada. Banyak peningkatan yang diterapkan dalam bahasa Swift, dari mulai efisiensi kode sumber, kinerja kode sumber dan masih banyak lagi. Mengingat Objective-C dulu merupakan kode sumber yang tertutup dan hanya bisa dikembangkan di dalam platform Apple lewat Macbook dll. Apple mencoba langkah besar dengan membuat bahasa pemrograman Swift menjadi kode terbuka. Sehingga Swift bisa dikembangkan oleh siapapun dan diluar platform Apple itu sendiri. Dengan ini diharapkan semakin banyak kontributor-kontributor hebat yang bisa membantu meningkatkan kualitas Swift dan meningkatkan popularitasnya.

 

4. C++

Banyak orang bilang C++ itu susah dan rumit. Cuman benar juga sih, hehe. Tetapi di balik itu C++ sendiri banyak digunakan untuk pengembangan berbagai aplikasi di berbagai platform (cross platform). Banyaknya faktor yang menguntungkan C++ sudah diakui sebagai bahasa yang sangat cepat secara performansi untuk membuat program yang membutuhkan tingkat komputasi tinggi. Android sendiri disamping Java, menggunakan C++ sebagai bahasa pengembangan aplikasinya walaupun memang jarang.

 

5. HTML5

Semakin banyaknya kebutuhan orang untuk mengembangkan aplikasi mobile dengan cepat. Membuat kita membutuhkan suatu teknologi yang jika kita membuat satu kode sumber bisa dipakai di berbagai platform. Ini merupakan konsep WORA (Write Once Run Anywhere), salah satunya kita kenal HTML5. HTML5 merupakan aplikasi hybrid yang bisa dipasang di berbagai platform Android, Iphone, Windows Phone dll. Untuk melakukan pengembangan HTML5 kita perlu belajar HTML, javascript dan CSS. Yang dimana bahasa scripting ini sudah sangat populer dalam pengembangan aplikasi Web. Dan sudah banyak orang yang terjun duluan untuk belajar bahasa ini. Sehingga jika kita akan mencoba untuk membuat aplikasi HTML5 biasanya kita tidak memerlukan effort yang besar untuk memahami semua bahasa di platform berbeda.

Tetapi dengan generalnya teknologi HTML5, diimbangi dengan berbedanya segi performansi, user interface dan cara pemrograman yang berbeda dengan pengembangan native.

 

Oke guys, sekian beberapa bahasa yang bisa kalian gunakan untuk melakukan pengembangan aplikasi berbasis mobile. Dengan semakin populernya dunia mobile, membuat semakin banyak sumber-sumber ilmu yang bisa membantu kita dalam belajar. Juga semakin menariknya perkembangan dunia mobile dan pengembangannya.

 

Cheers 🙂

What's your reaction?
Love It
50%
Like It
0%
Want It
0%
Had It
0%
Hated It
50%
About The Author
Tech Atmosphere
Enjoy Tech